Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selayang Pandang Yayasan Kholiliyah

Yayasan Kholiliyah Bangsri adalah yayasan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan keislaman ala ahlus sunnah wal jama'ah. Yayasan ini menaungi beberapa instansi atau lembaga pendidikan baik formal maupun non formal, di antaranya:

1. Pondok Pesantren Darut Ta'lim
Lembaga pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 1987 masehi. Saat ini terdapat 3 gedung pesantren yang di asuh langsung oleh KH. Ma'arif Asrory dan Ibunda Ny. Hj. Muyassaroh, yaitu Pondok Putri Pusat, Pondok Putri Al-Farihah, dan Pondok Putra. Pesantren ini memiliki beberapa program unggulan dan fokus pada kajian Al-Qur'an dan Kitab kuning atau kutubut turots. Beberapa di antara program unggulannya adalah:
- Tahfidzul Qur'an
- Sorogan kitab kuning
- Kajian intensif Qiro'ah 'Asyroh
- Tahsin dan tilawatil Qur'an

2. Madrasah Diniyah Darut Ta'lim
Lembaga ini fokus pada kajian keagamaan dan concern pada pembelajaran kutubut turots atau kitab kuning. Di antara kurikulum kajiannya yaitu ilmu Fiqh, Nahwu, Shorof, Tauhid, Ushul Fiqh, Balaghoh, Al-Qur'an, dan Hadits. Terdapat 3 jenjang tingkatan dalam lembaga ini yang terdiri atas kelas Awwaliyah, Wustho, dan Ulya.

3. RA Datakids Kholiliyah
Roudhotul Athfal atau sekolah khusus untuk anak usia di bawah 7 tahun ini memiliki beberapa program pengasuhan yang variatif di antaranya adalah program penitipan anak terintegrasi (untuk anak usia 2-6 tahun), toddler corner (untuk anak usia 2-3 tahun), kelompok balita bintang (untuk anak usia 3-4 tahun), RA Kelas A (untuk anak usia 4-5 tahun), dan RA Kelas B (untuk anak usia 5-6 tahun). Selain memiliki ruang belajar yang nyaman, guru guru yang profesional dalam bidangnya, dan beberapa fasilitas pendukung. Sekolah ini memiliki beberapa program ekstrakurikuler, diantaranya Tahfidz for Kids, Tari modern bertema, musik tradisional, dan melukis atau membatik.

4. MQTD Al-Asror (setara SD/MI)
Madrasah Qur'an Tingkat Dasar (MQTD) di lingkungan Kholiliyah ini merupakan full day school (07.00-15.30 WIB) berbasis pesantren NU dan fokus pada program tahfidzul qur'an. Selain diampu oleh tenaga pendidik yang juga tahfidz dan profesional pada bidangnya, sekolah ini menggunakan metode learning, teaching dan parenting berbasis STIFIn dengan biaya yang relatif terjangkau.

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Kholiliyah merupakan sekolah berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikombinasi dengan lingkungan pesantren berbasis Nahdlotul Ulama dan beberapa kurikulum keagamaan seperti Tahfidzul Qur'an, Bahasa Arab, dan mata pelajaran keagamaan lainnya. Untuk mendukung pengembangan skill dan karakter peserta didik, selain diampu oleh pendidik dan tenaga kependidikan yang berkarakter dan profesional, seluruh siswa/i SMPIT Kholiliyah diharuskan untuk tinggal di Pondok Pesantren Darut Ta'lim Bangsri. 

Sekolah Menengah Kejuruan Kholiliyah Bangsri memiliki dua kompetensi keahlian, yaitu Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran serta Tata Busana. Sekolah berbasis digital dan fokus pada pengembangan skill peserta didik dengan vibe ala pesantren NU yang diampu oleh Guru dan Tenaga Kependidikan yang berkarakter dan ahli dalam bidangnya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi SMK ini. 

Posting Komentar untuk "Selayang Pandang Yayasan Kholiliyah"